'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pelatihan relawan GACA Makesos PWA DIY - UAD
08 Agustus 2016 10:36 WIB | dibaca 579

Pada tanggal 6 dan 7 Agustus 2016 di ruang sidang utama kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan, Makesos PWA DIY bekerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan pelatihan relawan GACA ( Gerakan Aisyiyah Cinta Anak ) "Nir kekerasan dan kejahatan seksual". Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan seluruh Pimpinan Daerah Aisyiyah dan Pimpinan Ranting Aisyiyah di DIY. Tujuan dari pelatihan ini adalah Aisyiyah memiliki relawan yang handal dalam membantu menangani permasalahan pada anak mengingat banyaknya kasus yang saat ini sering terjadi pada anak anak.

Contoh kasus yang menyita perhatian dan memprihatinkan banyak pihak adalah diketemukannya mayat anak perempuan di dalam kardus yang ternyata merupakan korban perkosaan oleh seseorang yang mengidap kelainan seksual pedopili. Hal ini sungguh menunjukkan bahwa moral dan akhlak sebagian manusia semakin merendah. Disusul dengn kejadian yuyun yang diperkosa beberapa remaja dalam keadaan mabuk dan mayatnya dibuang di kebun serta banyak lagi kasus yang tidak bisa dianggap remeh. Banyak pula kejadian kasus kekerasan yang dilakukan oleh anggota keluarga sendiri dan kingkungan masyarakat terdekat dari anak. Akibat dari kekerasan ini akan meninggalkan trauma yang mendalam oleh korban. Pada banyak kasus menunjukkan para korban kekerasan seksual pada usia anak mengalami perkembangan penyimpangan seksual pada usia dewasanya dan itu sulit untuk disembuhkan.

Kondisi ini jelas sangat memprihatinkan dan memerlukan tindakan pencegahan agar tidak ada lagi korban korban berikutnya dan tentu saja hal ini harus melibatkan banyak pihak. Aisyiyah sebagai gerakan perempuan berkemajuan yang melakukan dakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar sangat perhatian terhadap permasalahan kesejahteraan dan perlindungan sosial. Melalui majlis kesejahteraan sosial aisyiyah merasa berkepentingan untuk melakukan gerakan perlindungan anak terhadap kekerasan dan kejahatan seksual. Gerakan ini dilaksanakan secara nasional yang melibatkan seluruh komponen aisyiyah dan warga masyarakat luas dalam beberapa bentuk kegiatan. Gerakan nyata ini diberi nama “GERAKAN AISYIYAH CINTA ANAK : Nir kekerasan dan kejahatan seksual (GACA-NKKS)”.

Shared Post:
Arsip Berita
Berita Terbaru
Berita Terkomentari